Rabu, Februari 23, 2011

Ini Sebabnya Air Merusak Ponsel ...

Ponsel rusak akibat air umum terjadi seiring kian banyak orang yang membawa ponsel ke mana saja, termasuk di tempat-tempat yang rawan terkena air seperti pantai, kolam renang, atau bar.

Nah
, sebenarnya apa yang terjadi ketika air mengenai gadget? Mengapa cairan bisa merusak perangkat Anda? Ini dia jawabannya!

Saat ini memang sudah banyak produk ponsel tahan air. Tapi bagi ponsel biasa, tentu ini menjadi masalah. Air yang mengenai papan sirkuit menimbulkan karat yang kemudian bersenyawa dan mematikan bahan logam. Kondisi ini sama seperti mobil berkarat yang menunggu 'mati'.

Papan sirkuit pada sebuah perangkat memegang peranan penting karena fungsinya yang mendukung kinerja gadget secara mekanik dan secara elektrik menghubungkan komponen elektronik melalui semacam jalur konduktif.

Begitu terkena air, tak perlu menunggu waktu lama, papan sirkuit akan langsung mengalami berbagai masalah seperti performa menurun, logam rusak dan karat yang menyebar hingga ke sambungan solder.

Dikutip detikINET dari TG Daily, Rabu (23/2/2011), karat juga menyebabkan lubang dan retakan di daerah di mana listrik mengalir bebas. Tumpahnya air membasahi ponsel pun membentuk cluster dan serat logam yang menyebabkan korsleting.

Jenis cairan juga menentukan seberapa cepat karat menyebar. Air bening dan alkohol 'agak bersahabat' jika dibandingkan cairan jenis lain. Sementara air asin dan air yang mengandung chlorine merupakan dua jenis cairan yang paling jahat dan bisa mematikan perangkat Anda seketika.

Pasalnya, air asin seperti air pantai dan chlorine yang kerap digunakan sebagai disinfektan untuk kolam renang mengandung elemen yang bisa menyebarkan karat sangat cepat. Tak sampai di situ, saat mengering air asin dan chlorine akan meninggalkan mineral yang bersarang di papan sirkuit dan mematikannya.
*Detiknet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...